Kelebihan ASI dan Pentingnya Pemberian ASI Pada Bayi

Kelebihan ASI dan Pentingnya Pemberian ASI Pada Bayi

Selamat Datang disalah satu situs obatibumenyusui.wordpress.com  . Situs yang akan membahas seputar informasi tentang ASI , Pentingnya Pemberian ASI Pada Bayi , manfaat ASI , dan seputar informasi-informasi lainnya khusus bagi ibu menyusui dan ibu hamil . Selain itu kami akan memberikan berbagai solusi kesehatan bagi ibu menyusui yang memiliki gangguan kesehatan sehingga menghambat pemberian ASI pada sang bagi , maka dari itu untuk para ibu menyusui jangan khawatir karna kami akan memberi solusi bagi anda dan juga bayi anda .

Sekilas Tentang ASI

ibu-menyusuiASI yang merupakan singkatan dari Air Susu Ibu  adalah susu yang diproduksi oleh sang ibu untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat . ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi . Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit .

sumber : wikipedia

Bagi umat beragama islam memberikan ASI pada anak hukumnya wajib , sebagai mana perintah Alloh SWT :

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, Yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. dan kewajiban ayah memberi Makan dan pakaian kepada Para ibu dengan cara ma’ruf. seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, Maka tidak ada dosa atas keduanya. dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, Maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al Baqarah:233)

Di dalam surat Al Baqarah ayat 233, Allah swt memerintahkan para ibu agar menyusui anaknya selama dua tahun.  Tentu ada beragam hikmah dibalik perintah menyusui tersebut.

Fakta Penting Tentang ASI

Berikut fakta luar biasa dibalik kehebatan ASI :

1.Fakta Gizi ASI mengandung gizi komplit yang sangat diperlukan bayi yang baru lahir . Kolostrum salah satunya . Cairan yang ada pada ASI ini merupakan makanan pengandung gizi lengkap : protein , vitamin A , karbohidrat , dan lemak rendah . Cairan inilah yang benar-benar dibutuhkan seorang bayi ketika lahir . Selain itu , kolostrum juga mengandung zat kekebalan terutama lgA (immunoglobulin A) yang dapat melindungi bayi dari masalah pencernaan seperti diare. Satu lagi kelebihan kolostrum , yaitu mampu mengeluarkan kotoran bayi baru lahir yang biasanya berwarna hitam kehijauan. Kotoran seperti ini disebut mekonium. Taurin yaitu asam amino , Taurin banyak dikandung di dalam ASI . Zat ini berfungsi sebagai neurotransmitter (penghubung antarsyaraf) sehingga membantu bayi dalam proses maturasi otak atau perkembangan otak. AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Decosahexanoic Acid), yaitu asam lemak tak jenuh yang berfungsi dalam pembentukan sel-sel otak yang optimal.

2.Fakta Kecerdasan Bayi Kandungan gizi ASI terbukti mampu meningkatkan perkembangan sistem syaraf otak sehingga bayi menjadi cerdas . Ketika ibu menyusui , ucapan yang keluar dari mulut ibu dapat didengar oleh bayi dan merangsang syaraf-syaraf di otak untuk kemudian dicerna dan dipelajarinya .

3.Fakta Ekonomi Ibu yang menyusui bayinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli susu formula atau susu pengganti ASI . Apalagi resiko lain yang bisa saja terjadi jika bayi tidak cocok dengan susu formula , misalnya sakit pencernaan , mencret , diare , dan sebagainya harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan . Orang tua juga tidak perlu repot membeli peralatan menyusu seperti botol susu, termos air panas , dan lain-lain.

4.Fakta Kesehatan Menyusui tidak hanya menyehatkan bayi , tetapi juga menyehatkan ibu . Ibu yang menyusui bayi secara baik , kondisi kesehatannya jauh lebih baik dibandingkan ibu yang tidak menyusui . Ibu akan bangun dan tidur secara teratur karena bayi yang menyusu ASI memiliki pola tidur yang teratur.

5.Fakta Jarak Kelahiran Meski tidak semua ibu mengalaminya , pemberian ASI secara eksklusif telah terbukti dapat menunda kehamilan sehingga jarak kelahiran bayi dan adiknya dapat terjaga. Ini sekaligus sebagai alat kontrasepsi alami dan dikenal sebagai MAL (Metode Amenorea Laktasi)

6.Fakta Imun dan Kekebalan ASI mengandung zat anti infeksi yang disebut kolostrum. Di dalamnya terdapat sekretori lgA yang dapat melumpuhkan bakteri E Colli dan berbagai virus pada pencernaan, laktoferin (sejenis protein) yang dapat mengikat zat besi pada pencernaan, lysosim enzim yang dapat melindungi bayi dari bahaya bakteri (E Colli dan Salmonella) dan virus, sel darah putih yang mengandung tiga macam antibodi : Brochus- Asociated Lympocite Tissue (BALT) antibodi pernafasan,Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) antibodi saluran pernafasan, dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) antibodi jaringan payudara ibu sumber : asiku

Dampak Negatif Pemberian Susu Formula

Selain itu Berikut Dampak pemberian susu formula pada bayi yang tidak cocok :

1. Gangguan saluran pencernaan (muntah , diare) anak yang sering mendapatkan susu formula lebih sering muntah , kembung , “cegukan”, sering buang angin , sering rewel , gelisah terutama malam hari . Gangguan ini merupakan reaksi bayi pada saat saluran pencernaan beradaptasi terhadap susu formula .

Susu Formula2. Infeksi saluran pernafasan Bayi yang tidak cocok dengan Susu Formlua akan mengalami gangguan saluran pencernaan bila itu terjadi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang infeksi terutama ISPA (batuk , pilek , panas , amandel) berulang dan kadang setiap bulan atau lebih

3. Meningkatkan resiko serangan asma Para peneliti telah mengevaluasi terhadap efek perlindungan dari pemberian ASI , bahwa pemberian ASI melindungi terhadap asma dan penyakit alergi lain . Sebaliknya , pemberian susu formula dapat meningkatkan resiko tersebut .

4. Menurunkan perkembangan kecerdasan kognitif Bayi yang tidak diberi ASI ternyata mempunyai skor lebih rendah dalam semua fungsi intelektual , kemampuan verbal , dan kemampuan visual motorik dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI .

5. Meningkatkan resiko kegemukan Kegemukan jauh lebih tinggi pada anak-anak yang diberi susu formula . Kejadian obesitas mencapai 4,5%-40% lebih tinggi pada anak yang tidak pernah diberikan ASI.

6. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah Anak yang mendapat susu formula tekanan darahnya lebih tinggi daripada anak yang mendapat ASI . Para peneliti menyimpulkan bahwa pemberian ASI pada anak yang lahir prematur dapat menurunkan darah pada tahun berikutnya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: